PEMERINTAHAN / MENGENAL POHUWATO

         Kabupaten Pohuwato terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Pohuwato. Peresmian daerah ini dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden RI pada tanggal 6 Mei 2003, sehingga tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari ulang tahun Kabupaten Pohuwato.

         Hingga saat ini, Kabupaten Pohuwato telah berusia 13 tahun dan sejak Tahun 2010/2015 sampai dengan 2016/2021 dipimpin oleh H. Syarif Mbuinga, S.Pdi, SE, MM sebagai Bupati Pohuwato dan Drs.H. Amin Haras

Gambaran Umum Daerah

Kondisi Geografis, Suhu dan Iklim

        Secara geografis Kabupaten Pohuwato terletak pada jalur yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan. Kabupaten Pohuwato terletak di ujung barat Provinsi Gorontalo dengan letak geografis antara 0,27o 1,01o Lintang Utara 121,23o 122,44o Bujur Timur dengan iklim 24,4 oC 33,2oC.  Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Buol, sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tomini, sebelah barat berbatasan dengan Kabup

Peta Administrasi Kabupaten Pohuwato


        Luas wilayah Kabupaten Pohuwato adalah 4.244,31 Km2 atau 36,77% dari luas wilayah Provinsi Gorontalo dengan wilayah administrasi pemerintah mencakup 13 kecamatan, 101 desa, dan 3 Kelurahan.

Topografi, Jenis Tanah, Suhu dan Iklim

        Kabupaten Pohuwato secara umum bertopografi variatif, yakni 0 200 m dpl tersebar di daerah pesisir Teluk Tomini dominan meliputi wilayah Kecamatan Marisa, Duhiadaa, Patilanggio, Paguat dan Randangan. Sementara wilayah dengan topografi dominan pada ketinggian 200 500 m dpl tersebar pada wilayah Kecamatan Lemito dan Popayato Timur. Selain itu kondisi topografi wilayah 500 1.000 m dpl dominan tersebar di wilayah Kecamatan Popayato dan Taluditi. Sedangkan wilayah Kecamatan Popayato Barat sebagian wilayahnya berada pada topografi 1.000 1.500 m dpl terutama areal yang berbatasan dengan Kabupaten Parigi Moutong.
        Untuk jenis tanah di Kabupaten Pohuwato didominasi oleh jenis tanah, yakni andosol, laterit, grumusol, dan podsolik yang penyebarannya berada di wilayah Kecamatan Popayato Timur, Lemito, Wanggarasi, Taluditi, Patilanggio dan Buntulia. Sementara untuk jenis tanah regosol, litosol, organosol dan renzina dominan tersebar di wilayah Papayato Barat dan Dengilo. Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Marisa, Duhiadaa, dan Paguat lebih didominasi oleh jenis tanah alluvial, glei planosol, hidromorf kelabu laterit air tanah seperti pada ganbar di bawah ini.

Peta Jenis Tanah Kabupaten Pohuwato

        Berdasarkan peta iklim menurut klasifikasi Oldeman dan Darmiyati, Kabupaten Pohuwato secara rata-rata beriklim relatif kering. Wilayah terkering (iklim E2 dengan rata-rata kurang dari 3 bulan per tahun bercurah hujan lebih 200 mm) meliputi seluruh wilayah selatan Kabupaten Pohuwato. Sementara wilayah yang relatif lebih basah (iklim C1, dengan 5 sampai 6 bulan basah pertahun) ditemukan di sepanjang wilayah utara Kabupaten Pohuwato.