Pemkec Fasilitasi Rumah Kemasan Untuk Pengrajin Olahan Bandeng



POHUWATO—Kalau di pulau Jawa pemasok Bandeng Presto dari Semarang, maka di Sulawesi Kecamatan Randangan adalah pemasok bandeng terbesar dengan berbagai produk olahan yang dimiliki. Hal ini disampaikan Camat Randangan Zulkifli Umar disela-sela Launcing Festival Desa Bandeng di Desa Patuhu baru-baru ini.


Hal ini di karenakan, Kecamatan Randangan khususnya warga yang berada di Desa Patuhu dan Polambane, telah berhasil memproduksi ragam olahan bandeng. “Di Kabupaten Pohuwato, Kecamatan Randangan merupakan daerah penghasil bandeng terbesar. Disini juga kami memiliki tempat pengolahan bandeng sendiri. Setiap tahunnya kami menyuplai ribuan ton bandeng ke luar daerah. Hal ini tentu semakin menggelorakan roda perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Randangan,” terang Zulkifli.


Kedepan, Pemerintah Kecamatan Randangan berjanji akan mengupayakan rumah kemasan sebagai tempat produksi dan labelisasi hasil produk bandeng. “Kedepan, kami akan memback up ini, dan akan kerjasama dengan Lembaga Pengawas Prodak Obat-obatan dan Makanan (LP-POM) untuk kehalalan prodak tersebut. Insya Allah prodak ini bisa keluar daerah bahkan ke tingkat Nasional dan Internasional sekalipun, setelah labelisasi resmi dimiliki,” tandas Camat yang juga merupakan Sekretaris MUI Pohuwato.


Di Kecamatan Randangan, terdapat 10 kelompok masyarakat pengolah bandeng. Berbagai produk hasil olahan bandeng diantaranya, bandeng prsesto, nuget bandeng, abon bandeng, dan bakso bandeng. (*)



Reporter : Iwan Karim / Humas

Foto : Iwan Karim / Humas

Editor : Goesland Latarawe / PIC


Populer