Di Pohuwato Ada Lhoo Pantai Kuta

POHUWATO-Pantai Libuo Indah terletak di Kelurahan Libuo yang terkenal dengan Desa Puspa atau Desa Bunga, Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Garis pantai ini membentang lurus dengan pasir putih yang tertata indah. Dengan jarak palung laut sekitar 100 m dari tepian pantai. Pantai indah libuo ini dalam kawasan dan pengawasan Dinas Perhubungan, Pariwisata , Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pohuwato. Saat ini kawasan wisata pantai libuo telah dikelola secara profesional oleh pemerintah, dengan dibangunnya beberapa aset pendukung kawasan pariwisata, seperti cottage, tempat peristirahatan dll. Di kawasan wisata ini juga telah ada beberapa rumah makan yang menyediakan menu-menu khas daerah gorontalo, seperti ikan bakar goropa (Ikan Batu) dilengkapi dengan dabu-dabu khas gorontalo danmasih banyak lagi. Jadi, pengunjung tak perlu ragu dan takut berlama-lama berada di sekitar wisata pantai libuo. Menginap pun telah tersedia cottage dengan harga yang terjangkau per harinya.

Yang lebih menarik di kawasan wisata pantai libuo adalah tumbuhnya pepohonan jenis pinus yang menjulang tinggi dan tertata rapi. Menambah indah dengan rindangnya kawasan pantai libuo. Pohon-pohon ini diperkirakan telah berumur ratusan tahun, terlihat dari kokohnya batang serta rimbunnya pohon tersebut. Walaupun terik panas matahari menyengat tak akan terasa bila kita berada di kawasan pantai ini.

Pantai Indah Libuo pun sering digunakan oleh organisasi-organisasi pemerintahan atau pun swasta untuk melaksanakan pertemuan atau berbagai kegiatan, seperti perayaan ulang tahun, perayaan hari jadi, dan lain sebagainya. Karena di lokasi wisata telah tersedia gedung pertemuan yang sederhana dan terbuka. Diselingi payung-payung tempat peristirahatan dan tempat menikmati panorama pantai libuo. Tempat peristirahatan ini bentuknya bermacam-macam, ada yang berbentuk payung, ada yang berbentuk rumah kecil beratap rumbia, pas buat wisatawan yang berkunjung bersama sanak family, ada juga yang berbentuk rumah panggung, dengan tinggi tiang sekitar 2 meter dilengkapi anak tangga. Sekitar 10 meter dari garis pantai terdapat jalan setapak yang berbelok-belok diantara pepohonan pinus dan melintasi depan cottage. Dilengkapi dengan halaman parkir kenderaan yang cukup luas.

Cottage di kawasan wisata ini sederhana sekali, berbentuk rumah panggung dengan tiang pendek. Fasilitas didalamnya berupa teras buat untuk tempat bersantai menikmati pantai, kamar mandi, spring bed, dan kipas angin. Bagi pengunjung atau wisatawan yang ingin menginap, biaya yang di kenakan pun relatif terjangkau.

Jarak tempuh dari ibukota provinsi gorontalo, lebih kurang 150 km. melewati dua kabupaten, yakni Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Boalemo. Menggunakan jasa angkutan kota antar provansi dengan rute Kota Gorontalo-Maris. Jarak dari ibukota Kabupaten Pohuwato (Kota Marisa) hanya berjarak lebih kurang 15 km, dengan akses ke lokasi wisata menggunakan jasa angkutan lokal, seperti mobil angkutan kota, bentor maupun jasa ojek. Baik akses dari ibukota provinsi gorontalo maupun ibukota Kabupaten Pohuwato akan melewati jalan trans sulawesi, yang menghubungkan provinsi-provinsi di pulau sulawesi.

Anda pasti akan merasakan sensasi yang berbeda bila menikmati indahnya pantai libuo, Kabupaten Pohuwato. Pantai ini sangat ramai di kunjungi disaat hari-hari libur, untuk refresing serta berwisata bersama keluarga Anda.(alan)