Anak Wajib Miliki KIA, Disdukcapil Siapkan 3100 Blangko

POHUWATO—Sebanyak 3100 Blangko Kartu Identitas Anak (KIA) disiapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Hal ini guna mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional terhadap anak.


Ini sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Disdukcapil Pohuwato Ratnawati Tulie saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/7). Pihaknya  menyampaikan bahwa, Penerapan KIA di Pohuwato merujuk pada Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) yang mewajibkan setiap anak harus memilik KIA. “Hal ini merupakan tindak lanjut dari Permendagri Nomor  2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak. Di Pohuwato sendiri kami baru menerapkannya bulan ini. Sebagai langkah awal, kami menyiapkan 3100 blangko KIA dari total 50.670 anak wajib Akta,” ungkapnya.


Ratnawati juga menambahkan jika pihaknya sangat berharap agar hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. “Kami sangat menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Pohuwato yang memiliki anak usia 0 sampai dengan 17 Tahun untuk segera mengurus KIA. Sebab ini sangat penting bagi anak,” tambahnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Pohuwato, Heriyanto menambahkan bahwa, dengan adanya pemberlakuan wajib KIA ini, masyarakat tidak perlu bingung untuk mengurus KIA. “Dari semua persyaratan yang ada dalam hal pengurusan KIA. Kami hanya mewajibkan masyarakat untuk melampirkan Foto Copy Akta Kelahiran anak. Kami mudahkan agar masyarakat tidak lagi repot-repot membawa lampiran administrasi lainnya,” jelas Heriyanto.


Pengklasifikasian Kartu Identitas Anak sendiri terdiri dari dua jenis yaitu, KIA untuk anak berusia 0-5 tahun dan 5-17 tahun. Di sisi lain, manfaat dari KIA ialah pemenuhan hak anak seperti hak pendidikan, kesehatan dan hak perlindungan terhadap tindak kekerasan terahadap anak. (***)



Reporter : Goesland Latarawe / PIC

Foto : Doc. Humas

Populer