Disnakertrans Pohuwato Gelar Sosialisasi Aturan Ketenagakerjaan

POHUWATO - Sebanyak 120 peserta yang terdiri dari unsur pekerja dan pengusaha di Kabupaten Pohuwato, Rabu (17/5) di Hotel Golden Sri mengikuti Sosialisasi Aturan Ketenagakerjaan Bagi Pekerja dan Pengusaha yang dibuka Wakil Bupati Amin Haras, didampingi Kadis Nakertrans, Bahari Gobel. Dalam sambutannya Wabup Amin Haras mengatakan, Undang-undang ketenagakerjaan merupakan produk hukum yang harus dapat diketahui oleh semua warga negara Indonesia khususnya yang terlibat di dalam hubungan kerja. Undang-undang ini penting terutama bagi para pelaku proses produksi sehingga bisa memahami tentang fungsi dan tugasnya. Di sisi lain diharapkan tidak ada lagi pihak-pihak yang dirugikan dan terpenting tenaga kerja dapat mengerti hak dan kewajibannya. 

Selanjutnya kata Wabup Amin Haras, jumlah tenaga kerja di Pohuwato sebesar 3.273 orang dan jumlah perusahaan sebanyak 325 unit usaha. Sementara Upah Minimum Provinsi (UMP) Gorontalo 2017 Rp. 81.200/hari atau Rp. 2.030.000 perbulannya. Diharapkan kepada perusahaan di Pohuwato menerapkan UMP tersebut. "Saya berharap pula tidak terjadi perselisihan antara pekerja dan pengusaha, meski di tahun 2014 s/d 2016 ada sebanyak 100 perselisihan, sehingga bagaimana di tahun ini tidak terjadi lagi," ungkap Wabup Amin. 

Sementara itu, Kadis Nakertrans Bahari Gobel menambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan pemahaman pihak perusahaan yang beroperasi di Pohuwato, kemudian mengurangi angka perselisihan antara pekerja dan pengusaha serta sebagai forum evaluasi dan  pengawasan antara pemerintah, pihak perusahaan dan pekerja. 

Diharapkan kepada peserta dapat mengikuti dengan baik kegiatan yang dihadiri para nara sumber dari Dinas Nakertrans Kabupaten Bogor, Jawa Barat antaranya Tagor Hutahaean dan Suryo Kuncoro beserta dari Dinas PM,ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo, Serikat Pekerja Indonesia Provinsi Gorontalo, Dewan Pengupahan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Gorontalo. (iwan-Humas)

Populer