Distan Benahi Penyaluran Pupuk dan Pestisida

POHUWATO—Untuk meningkatkan pemahaman Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3) dalam tugasnya, Dinas Pertanian Rabu (23/8) menggelar Rapat bersama Tim KP3.


Kegiatan yang dibuka Bupati Pohuwato diwakili Assisten III Bidang Pemerintahan Hikman Katohidar turut dihadir Unsur Polres Pohuwato, Kejari Marisa M Haidir.


Dikatakan Assisten III Hikman Katohidar, berbagai bantuan diberikan pemerintah tentu bertujuan agar masyarakat bisa mengembangkan usahanya dan menjadi sejahtera. Namun tentu diinginkan agar tidak muncul ketimpangan khususnya dalam pendistribusian pupuk dan pestisida.


“Kalau itu terjadi, pasti akan berakibat pada persoalan hukum. Sehingga rapat saat ini diharapkan dapat menghasilkan yang terbaik karena juga dihadiri unsur penegak hukum,”tegasnya.


Kemudian dalam kata Assisten Bidang Pemerintahan Hikman Katohidar, dalam penyaluran nanti perlu adanya pengawasan dan kehati-hatian dan benar-benar ditujukkan kepada para petani atau kelompok yang membutuhkannya, sehingga tidak menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan.


Sementara itu, Kadis Pertanian Yance Rumondor menjelaskan, ketidaklancaran pendistribusian pupuk di setiap jalur distribusi dan permasalahan yang terjadi di lapangan sampai pada penyaluran dan penebusan pupuk melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), belum sesuai yang diharapkan.


Untuk itu, diperlukan koordinasi yang berkesinambungan antara KP3 dan PPNS untuk melakukan pengawasan, penyaluran, pengadaan, peredaran, penyimpanan serta penggunaan pupuk dan pestisida.


“Semua harus dilakukan, baik itu melalui pemantauan secara langsung dari Lini III sampai dengan Lini IV dan kelompok tani maupun secara tidak langsung melalui monitoring dan evaluasi terhadap laporan hasil pengawasan yang dilakukan oleh instansi terkait dan tim KP3,”paparnya. (*)



Reporter/Photografer  : Iwan Karim-Humas Pohuwato


Populer