Bupati Syarif Buka Sosialisasi Kebijakan Administrasi Pencatatan Sipil

POHUWATO—Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pohuwato Senin (28/8) menggelar sosialisasi kebijakan administrasi pencatatan sipil tahun 2017.


Bupati Syarif Mbuinga yang membuka kegitan ini mengatakan, saat Kebijakan Nasional di bidang Administrasi Kependudukan dan pencatatan Sipil sampai saat ini sudah dapat dirasakan manfaatnya dalam berbagai hal seperti, peningkatan efektifitas pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kualitas demokrasi, mencegah kriminalitas, teroris, TKI Ilegal, perdagangan orang serta pelayanan publik lainnya.


“Ini tentunya tidak lepas dari peran serta dari bapak ibu utamanya para camat dan Kepala Desa/Lurah. untuk itu saya menyampaikan penghargaan dan ucapa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sehingga dapat berjalan lancar,”terangnya.


Pada hakekatnya lanjut Bupati Syarif, bahwa negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum setiap peristiwa penting pada ruang lingkup pencatatan sipil yang dialami penduduk baik yang berada didalam dan/atau diluar wilayah NKRI dalam bentuk AKTA.


“Adapun ruang lingkup dari pencatatan Sipil meliputi pencatatanatas laporan peristiwa penting berupa Kelahiran, Lahir Mati, Kematian, Perkawinan, Perceraian, Pengangkatan, Pengakuan dan Pengesahan anak,”tandasnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Dukcapil Ratnawaty Tulie dalam laporannya mengatakan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan berdasarkan program dan kegiatan prioritas yakni percepatan pelayanan akta kelahiran untuk usia anak 0 – 18 tahun dengan cakupan 85% pada 31 Desember 2017 dan melakukan pelayanan  Penerbitan Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, dan akta pengangkatan, pangakuan, dan pengesahan anak yang  diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Pohuwato dengan paradigma 10 menit, 30 menit, 50 menit, dan paling lama sehari (24 jam).


“Tujuanya untuk wahana konsolidasi dan kaji ulang berbagai kebijakan sehinggga dapat dirumuskan suatu keluaran berupa kerangka kebijakan dan langkah–langkah strategis untuk meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan program bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang lebih baik di daerah,”ungkapnya.


Turut hadir sebagai nara sumber dari Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri RI bidang Pencatatan sipil dan nara sumber dari Dinas PMD dan Dukcapil Provinsi Gorontalo. (*)



Foto  : Abd Razak Supu- Humas Pohuwato