Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Terus Berbenah

POHUWATO-Wakil Bupati Amin Haras didampingi Kadis BLH Bahari Gobel belum lama ini meninjau Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang berada di desa Botubilotahu Kecamatan Marisa.


Peninjauan tersebut disamping melihat sejauh mana kegiatan yang ada di TPA juga dalam rangka persiapan Penilaian Adipura. Sehingga untuk memastikan kesiapan tersebut maka TPA menjadi sasaran utama yang ditinjau Wabup Amin Haras.


Wabup berharap agar pengolahan sampah benar-benar dapat dijalankan dengan baik demikian juga dengan kesiapan kenderaan untuk mengangkut sampah yang ada di pusat Kota Marisa dan sekitarnya. “Saya berharap semua dapat berjalan dengan baik termasuk pengaturan sampah-sampah yang ada di TPA tersebut,”tegas Wabup Amin.


Selanjutnya Wabup Amin Haras meninjau Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL). Segala kebutuhan sekiranya dapat di programkan dalam arti apa yang tidak ada silahkan dianggarkan pada APBD mendatang, karena ini adalah sebuah kebutuhan maka tidak ada alasan untuk tidak melengkapi fasilitas.


Disisi lain Wabup Amin Haras juga sangat menyambut baik adanya program yang dijalankan di TPA berupa memanfaatkan sampah untuk diolah menjadi pupuk yang bermanfaat. Hal ini kata Wabup Amin Haras akan bernilai ekonomis dan juga bisa mengurangi hasil sampah yang ada.


“Kemudian Bank Sampah dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang beradan di beberapa desa di Kecamatan Marisa dan sekitarnya sekiranya dapat dijalankan dengan baik terutama pemanfaatan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), hal ini tentu bisa nampak apabila benar-benar jalan,”pintanya pula. (*)




Reporter/foto : Iwan Karim