Pohuwato Kini Miliki Gugus Tugas KLA dan Puspaga

POHUWATO – Sebagai generasi masa depan penerus cita-cita bersama, anak-anak tentu perlu memperoleh perlindungan dan tumbuh bebas tanpa ada diskriminasi. Untuk itu, Pemkab Pohuwato melalui DP3AP2KB Pohuwato menggelar Sosialisasi Kabupaten Pohuwato Menuju Kabupaten Layak Anak. Acara ini dirangkaikan dengan pembentukan gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga). Hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Panua Kantor Bupati, Rabu (15/11) ini Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras.


Wabup Amin mengharapkan sosialisasi ini tidak hanya berhenti menjadi momen seremonial saja, tetapi dapat menjadi acuan bagi semua dalam memenuhi hak anak melalui pengembangan KLA yang terintegrasi dan berkelanjutan. Selain itu tujuan sosialisasi ini agar semua pihak yang terlibat dalam upaya mewujudkan KLA, mampu bersinergi dalam merumuskan strategi arah kebijakan serta tugas dan fungsi masing-masing sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Pohuwato sebagai KLA.


“Anak selain adalah aset kita, juga merupakan aset bangsa yang tentu harus beroleh perhatian. Banyaknya kasus yang melilit mereka termasuk di Pohuwato sekiranya mendapat perhatian bersama, dimana  masih banyak diperhadapkan dengan berbagai kasus berupa kekerasan terhadap anak sampai pada pelecehan terhadap anak.


Hal inilah yang harus dibahas dalam sosialisasi ini, sehingga pemenuhan kebutuhan terhadap anak bisa terwujud baik itu masalah pendidikan, kesehatan sampai pada pembinaan dan pengawasan terhadap mereka,” papar Wabup Amin.

Untuk itu, Wabup Amin meminta dukungan dari seluruh OPD terutama program-program dapat diarahkan pada pembinaan dan pengembangan terhadap anak termasuk pendidikan dan kesehatannya.


“Jangan sampai sudah menjadi KLA masih ada saja anak yang tidak bisa menikmati pendidikan, penyakitan atau sakit-sakitan, kekerasan terhadap anak baik oleh orang tua maupun lingkungannya, pemenuhan kebutuhan dan lainya, ini yang harus mendapat perhatian,” terangnya sambil menambahkan bahwa pelibatan dunia usaha sangat diharapkan pula dalam mewujudkan KLA.


Reporter/Poto : Iwan Karim- Humas