Ibu Hamil dan Bayi Bakal Didampingi

POHUWATO - Sebanyak 60 peserta Dasa Wisma dari Kecamatan Dengilo, Paguat, Marisa, Buntulia dan Duhiadaa Rabu kemarin (25/7) mengikuti sosialisasi dan orientasi pendampingan ibu hamil dan bayi oleh Dasa Wisma yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato Jeanette Puspa Dewi Mbuinga Kilapong didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Irwan A. Samawati di Hotel Golden Sri Marisa.


Kegiatan ini disambut baik oleh Jeanette. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan ini menurut Jeanette sangat penting karena dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pohuwato dengan harapan terwujudnya komitmen bersama untuk memberdayakan masyarakat yang mau peduli dengan kesehatan diri dan keluarga khususnya kepada Ibu-ibu hamil beresiko yang ada di Kabupaten Pohuwato khususnya yang ada di lima kecamatan ini.


Jeanette menjelaskan, bahwa kehamilan merupakan suatu proses alamiah tetapi harus dilakukan asuhan yang tepat agar ibu dan janin dalam keadaan sehat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu selama hamil melalui upaya pendampingan pada masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk ibu hamil dan bayi. "Ibu hamil harus menjaga asupan gizinya agar pembentukan, pertumbuhan dan perkembangan janin optimal.


Dalam kurun waktu 2 tahun, orang tua harus berupaya keras agar bayinya tidak memiliki panjang badan yang stunting (pendek). Yang dikhawatirkan adalah di dalam kandungan ada gangguan pertumbuhan sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif (intelegensia)," ujar Jeanette.


Sebelumnya Kabid Kesehatan Masyarakat Irwan A. Samawati menyampaikan, kegiatan yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan angka stunting serta kurang gizi melalui pendampingan 1000 HPK oleh Dasa Wisma akan dilaksanakan di 5 titik yang diawali dari Kecamatan Marisa yang diikuti 5 kecamatan selanjutnya mulai Kamis hari ini dan berlanjut ke kecamatan lainnya dan akan diikuti 162 Dasa Wisma.


"Pada kegiatan ini Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato akan melaksanakan pendampingan pada ibu hamil dan bayi. Dimana secara teknis di lapangan akan dilakukan oleh Dasa Wisma akan mendampingi ibu hamil dengan resiko tinggi sampai dengan ibu tersebut mempunyai anak berumur 2 tahun.


Sehingga target Kabupaten Pohuwato menurunkan angka kematian ibu dan bayi bisa tercapai," jelas Irwan seraya menambahkan kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi, TP.PKK Pohuwato dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato.


Reporter/Foto  : Iwan Karim-Humas