Bupati Syarif Canangkan Program Imunisasi Campak dan Rubella

POHUWATO - Pelaksanaan imunisasi Campak dan Rubella tingkat Kabupaten Pohuwato tahun 2018 telah dicanangkan oleh Bupati Syarif Mbuinga, Rabu (1/8) kemarin di lapangan Ormas Marisa. Kampanye imunisasi MR (Measles Rubella) itu dimulai secara serentak se nasional mulai Agustus sampai dengan September mendatang.


Dalam sambutannya, Bupati Syarif menyampaikan, bahwa penyakit Rubella ini sangat berbahaya bagi anak-anak apalagi sampai menyerang bayi. "Kalau Rubella kena sama bayi ciri-cirinya mata berair, tidak ada nafsu makan dan lain-lain. Kalau misalnya kena di bayi tidak ada solusi lain selain operasi mata.


Pada akhirnya sang anak tidak lagi memiliki original panca indra. Betapa bahayanya penyakit ini dan satu-satunya penanganannya adalah melalui imunisasi," kata Bupati Syarif. 


Pelaksanaannya pun menurut bupati tidak cukup hanya dilakukan melalui sekolah dan Posyandu. Tetapi harus ada langkah yang serius dari Dinas Kesehatan. Bahkan kalau perlu harus dibentuk Satgas Rubella.


"Satgas Rubella yang dibentuk untuk menyasar mereka anak-anak yang sulit terakses lewat sekolah dan Posyandu yang ada. Jadi kita butuh Satgas. Mengingat ini sangat berbahaya untuk masa depan anak," pinta bupati seraya memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan yang begitu peduli dengan masa depan anak-anak generasi penerus Pohuwato.


Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Supandi M. Abdullah menjelaskan bahwa tujuan imunisasi ini adalah untuk mewujudkan eliminasi campak dan mengendalikan penyakit Rubella.


"Untuk melindungi anak dari penyakit bawaan seperti gangguan pendengaran dan penglihatan, kelainan jantung, retadasimental yang disebabkan infeksi Rubella pada saat kehamilan," ungkap dr. Supandi.




Editing : Usman Hadis Bay-Humas

Foto  : Abd Razak Supu-Humas