Gelar Doa Pemberangkatan JCH, Begini Pesan Bupati Syarif

POHUWATO - Sebanyak 47 orang jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Pohuwato melaksanakan doa bersama yang digelar oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak Kementerian Agama Kabupaten Pohuwato Rabu (1/8) kemarin, di rumah dinas bupati sebelum berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.


Kepala Kantor Kementerian Agama Pohuwato Yudin Moonti menyampaikan, bahwa jumlah calon haji untuk Kabupaten Pohuwato tahun 2018 ini sebanyak 47 orang yang terdiri dari 20 orang laki-laki dan 27 orang perempuan. Jamaah tertua Nuria Inaku (73) dan jamaah termuda Ulin Opin (34).


Jamaah calon haji nantinya akan diterima di asrama haji Kota Gorontalo pada Rabu (8/8) mendatang dan esoknya Kamis (9/8) akan berangkat menuju Makassar dan selanjutnya akan terbang menuju Kota Jeddah, Arab Saudi.


"Insya Allah semua jamaah calon haji tetap dalam lindungan Allah dan tetap dalam keadaan sehat walafiat. Dan insya beroleh haji yang mabrur," ucap Yudin dalam sambutannya.


Sementara itu, Bupati Syarif Mbuinga juga berharap hal yang sama semua jamaah calon haji asal Kabupaten Pohuwato tetap dalam keadaan sehat walafiat, dapat menjalankan ibadah haji dengan penuh khusyu dan kembali ke Bumi Panua dalam keadaan selamat.


"Mudah-mudahan ibadah haji dapat berlangsung dengan baik. Doa dari kami semua insya Allah bapak dan ibu diberikan kesehatan, kekuatan, keafiatan dan insya Allah bisa menjalankan ibadah dengan baik. Saat ini masih ada waktu satu minggu sebelum keberangkatan, tolong jaga kesehatan. Disatu sisi, ibadah ini membutuhkan kesehatan yang prima," tutur bupati.


Bupati kemudian menambahkan, bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama berusaha yang terbaik dalam hal pelayanan haji saat berada di tanah suci nanti. "Kalau tahun kemarin masih mengontrak rumah-rumah warga Arab tapi saat ini sudah langsung hotel yang berdekatan dengan Masjidil Haram dan berdekatan dengan masjid di Madinah," ungkap Syarif. 


"Tolong jaga kesehatan. Tapi insya Allah cuaca panas disana tidak akan memberikan pengaruh karena niatnya untuk ibadah sepanjang kita tulus semata-mata untuk ibadah kepada Allah. Dan pesan saya tolong jaga kebersamaan, jaga persaudaraan.


Satu orang mengalami kesulitan ikhlaskan hati kita untuk membantu mereka. Insya Allah itu menjadi sebab kelancaran ibadah kita di tanah suci. Kebersamaan adalah hal yang penting guna melancarkan dan akan membuat suasana ibadah akan bermakna dan bernilai," pesan bupati kepada seluruh jamaah calon haji. 


Editing  : Usman Hadis Bay-Humas

Foto  : Abd Razak Supu-Humas