Wabup Amin Tinjau Perkebunan Sawit

POHUWATO-Wakil Bupati Amin Haras baru-baru ini turun lapangan berkunjung ke Camp Perusahaan Sawit Group Kencana di KM 42 Kecamatan Popayato, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bahari Gobel, Kepala Dinas Pertanian Yance Rumondor dan Kepala Dinas Penanaman Modal Sudin Ali.


 "Jadi, setelah dilihat langsung ternyata dari luas area yang mereka sudah kantongi izin atau sudah ada izin HGU kurang lebih 39 ribu hektare dan baru kurang lebih 5 ribu hektare yang ditanami sawit dan berumur kurang lebih 4-5 tahun. Dan kondisinya di lapangan bahwa pertumbuhan sawit itu tidak merata, setelah dipresentasikan, dihitung yang tumbuh itu hanya kurang lebih 40 persen dari luasan yang ada sehingga itu masih sebagian besar memerlukan penyulaman kembali. Begitu juga dengan perbaikan-perbaikan kebun yang masih sementara mereka lakukan," terang wabup.


Nah, untuk memperbaiki pertumbuhan sawit pihak perusahaan saat ini sudah mengirim teknisi untuk bagaimana menata dan memperbaiki kebun sawit yang ada di Popayato sehingga kedepan sudah bisa padat dan merata di area yang kurang lebih 5 ribu hektare tersebut. 

Dari area yang ada, baru bisa produksi kurang lebih 2 ribu hektare dan sebagian masih disulam. Buntutnya kebun sawit sebagai salah satu investasi di Pohuwato ini belum bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan ekonomi di Pohuwato karena terkendala dengan apa yang dialami ini.


"Kedepan mereka (Group Kencana) masih membenahi yang 5 ribu hektare sehingga ketika ini sudah terbenahi dan tanaman dari kurang lebih 5 ribu hektare sudah padat, ditambah dengan kebun mereka yang ada di wilayah Taluditi dan Wanggarasi-Randangan insya Allah kalau itu produksinya sudah memadai dalam artian bahwa untuk kedepan diharapkan bisa membangun pabrik itu terpenuhi," pungkasnya. (*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas

Editor : Usman Hadis Bay