Akses Jaringan Dipastikan Dinikmati Semua Warga

POHUWATO - Pemerintah Kabupaten Pohuwato memastikan akses jaringan seluler dan internet dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pohuwato hingga ke wilayah pelosok. Ini disampaikan Wakil Bupati Amin Haras didampingi Kadis Kominfo dan Statistik Supratman Nento usai berkunjung ke Kementerian Komunikasi dan Informasi, Senin (3/9) yang diterima oleh salah satu Director of Infrastructure Provision, Dhia Anugrah Febriansa sebagai teknisi yang menangani pemasangan internet untuk fasiitas komunikasi informasi teknologi.


Saat ini menurut wabup masih ada beberapa titik lagi di wilayah Kabupaten Pohuwato yang belum terjangkau oleh jaringan. Untuk itu, pemerintah daerah telah mematangkan usulan ke pemerintah pusat dan telah disepakati pada pertemuan di Istana beberapa waktu lalu bersama Bupati Syarif Mbuinga. "Bisa dipastikan nantinya seluruh desa akan terkoneksi atau terpasang jaringan internet di 101 desa. Jadi itu yang kita matangkan lagi untuk pembangunannya kedepan, kata Amin.


Sedangkan untuk pemasangan internet direncanakan seluruh desa namun akan dilaksanakan secara bertahap sampai tahun 2020. "Tahun ini kita sudah dapat untuk 8 desa tinggal secara bertahap kedepan seluruh desa akan diprogramkan untuk pemasangan internet terutama desa yang masih kesulitan terakses internet. Begitu juga untuk tower provider, ada sekitar 10 desa yang belum memiliki dan sudah dimasukkan yang insya Allah tahun depan segera direalisasikan. Supaya masyarakat sudah bisa mengakses informasi melalui HP dan lain sebagainya,"jelas Wabup Amin.  


Hanya saja kata dia, Pemkab Pohuwato dimintakan menyiapkan tanah untuk pembangunan tower-tower . Desa-desa yang belum ada jaringan antara lain di bagian Wanggarasi atas, sebagian Kecamatan Taluditi dan itu akan dipasang di wilayah Desa Malango dan bisa mengcover Desa Lembah Permai dan Desa Bohusami dan Taluditi sebagian. Selanjutnya ke wilayah Desa Tuweya, Bukit Harapan, Wanggarasi Tengah, Suka Damai dan Desa Ipilo, begitu juga yang ada di Kecamatan Dengilo. Yang kita usulkan insya Allah beliau janjikan direalisasikan di 2019. Sehingga dengan demikian seluruh wilayah pelosok yang belum ada provider sudah bisa mengakses jaringan. Tahun ini untuk internet sudah ditender yang dipasang dibeberapa desa yang dekat dengan ibu kota dan secara bertahap yang ditargetkan sampai 2020. Insya Allah pada 2021 atau 2022 semuanya.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas 

Editor : Usman Hadis Bay-Humas