APBD-P 2018 Tetap Fokus Pada Kemiskinan

POHUWATO - Prioritas daerah secara umum masih menyangkut kemiskinan. Berbagai langkah baik secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan pengentasan kemiskinan terus dilakukan pemerintah daerah. Sehingganya lewat perubahan APBD tahun 2018, ada beberapa program dan kegiatan yang diperkuat oleh pemerintah daerah. 


Melalui sidang paripurna penyampaian keterangan pemerintah daerah atas Ranperda perubahan APBD tahun 2018 beserta nota keuangan, Bupati Syarif Mbuinga menyampaikan bahwa, ada beberapa program dan kegiatan yang diperkuat oleh pemerintah daerah lewat APBD-P tahun ini diantaranya, Program pengembangan ekonomi kerakyatan.


“Pada program ini beberapa OPD diperkuat melalui dukungan anggaran antara lain Dinas Sosial, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian, Dinas Pangan serta Dinas Perindagkop dan UKM,”papar Bupati Syarif.

Selanjutnya, Program infrastruktur yakni aspek yang dioptimalkan dengan dukungan anggaran pada Dinas Perhubungan, Dinas PUPR dan Baperlitbang dengan target utama adalah percepatan alih fungsi hutan lindung yang ada di Bandara oleh tim terpadu yang dibentuk oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.


Termasuk Program Sumber Daya Manusia yakni aspek yang diperkuat melalui program ini adalah pemenuhan jaminan kesehatan nasional untuk pelayanan kesehatan gratis, beasiswa, bantuan pakaian dan perlengkapan sekolah bagi warga miskin serta peningkatan pelayanan diseluruh fasilitas kesehatan, 4. Program Reformasi Birokrasi yaitu melalui program ini OPD yang diperkuat adalah OPD yang menjalankan fungsi pemerintahan umum dengan tujuan agar seluruh pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan bisa berjalan dengan baik dan maksimal. 


"Kami optimis, insya Allah target penurunan kemiskinan ini akan tercapai pada akhir periode pemerintahan kami. Data tahun 2017 kemiskinan daerah kita masih tetap berada pada angka dua digit yakni 21,27 persen," jelas Bupati Syarif.(*)


Reporter/foto : Abd Razak Supu-Humas

Editor : Usman Hadis Bay-Humas