Bupati Syarif Ajak Desa Berinovasi

POHUWATO-Bupati Syarif Mbuinga mengajak seluruh desa untuk berinovasi dalam rangka menjawab berbagai permasalahan, tantangan serta harapan masyarakat. Ini disampaikan Bupati Syarif kala membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa Senin (15/10), di gedung Ichsan Pohuwato.

Bupati Syarif mengatakan, inovasi itu perlu dan penting untuk dilakukan oleh desa. Apalagi, tantangan desa dan kabupaten hampir-hampir tidak ada perbedaan. Dari perspektif tanggung jawab Bupati bertanggung jawab kepada masyarakat melalui DPRD, kepala desa pun bertanggung jawab kepada masyarakat melalui BPD.

“Dari perspektif tantangan malah tantangan yang terberat dihadapi oleh pemerintah desa. Karena dalam hitungan detik, menit dan waktu selalu berinteraksi dengan masyarakat. Masyarakat sangat menaruh harapan kepada kita pemerintah tidak terkecuali desa," kata Bupati Syarif.

Syarif kemudian mencontohkan, Kepala Desa Malango Kecamatan Taluditi punya keinginan yang luar biasa untuk membangun Desa Malango dengan cepat. Tapi kondisi dan keadaan yang ada persis dengan apa yang kita alami. Dimana Daerah dan desa selalu ada keterbatasan kemampuan. Dan itu tidak seketika bisa lakukan dan wujudkan.

“Paling tidak untuk mencapai sebahagian besar tujuan, sasaran dari harapan masyarakat dibutuhkan inovasi. Dengan berinovasi mampu merangkum beberapa kepentingan untuk kita dapat lakukan dalam waktu yang bersamaan dan dapat menjawab berbagai permasalahan," tamabah Syarif.

Nah dalam berinovasi menurut Bupati Syarif, tidak harus berkhayal terlalu tinggi. Jangan sampai angan-angan terlalu jauh. “Tidak salah kita mau mencontohi sesuatu yang sukses, tetapi apakah kondisi dan keadaan yang ada sama dengan yang ada di daerah kita. Karena terlalu tinggi khayalan kita, lantas kita semangat. Tapi hanya pada awalnya," ujar bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tasrif Haras dalam laporannya menyampaikan, bahwa maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.(*)


Reporter/foto : Abd Razak Supu-Humas

Editor : Usman HAdis Bay-Humas