Jadi Rujukan Daerah Lain, Ini Pesan Bupati Terkait Manejemen Kepegawaian

POHUWATO-Pemerintah Kabupaten Pohuwato banyak diakui oleh sejumlah Daerah tekait dengan pengelolaan majejemen  kepegawain. Bahkan, manejemen kepegawaian ini menjadi rujukan dan referensi bagi sejumlah Daerah tersebut.

Ini diungkapkan Bupati Syarif Mbuinga ketika menghadiri penyusunan instrumen analisis jabatan PNS dan evaluasi jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato Selasa (13/11), di gedung Diklat BKPP Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia.

Dijelaskan Bupati Syarif, Pohuwato menjadi lokus studi komparasi dari berbagai pemerintahan daerah di Indonesia bagian Timur. Diantaranya, Papua, Maluku, Ambon bahkan Sulut kaitan dengan manajemen tata kelola sumber daya aparatur atau ASN.

“Dan saatnya kita melakukan evaluasi jabatan. Saya sangat mendukung dan mensupport dengan harapan ada optimisme untuk terus memperbaiki yang kurang,” tegasnya.

Sementara itu, untuk evaluasi jabatan jelas Fitriyani merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi sebagai tuntutan perubahan di bidang pelayanan publik. Nah kata ia, dalam menduduki suatu jabatan harus dilihat dari segi kualifikasinya.

“Kalau kualifikasi memenuhi, maka kompetensi dilihat apa memang betul-betul punya kompeten di satu bidang. Dan yang terakhir adalah kinerja,”ungkap Fitri sembari mengatakan kedepan nanti akan ada aplikasi yang akan mengukur kinerja setiap ASN.

Ditambahkanya, salah satu prioritas kegiatan reformasi birokrasi adalah dengan melakukan analisis jabatan yang hasilnya berupa uraian jabatan yang selanjutnya akan dijadikan dasar untuk melakukan berbagai kegiatan manajemen di bidang kepegawaian diantaranya untuk menyusun spesifikasi atau persyaratan jabatan. (*)


Reporter/foto : Iswan Abas-Humas

Editor : Usman Hadis Bay-Humas