Sekda Djoni Ingatkan Pentingnya Sanitasi

POHUWATO-Sekretaris Daerah Djoni Nento mengingatkan pentingnya perhatian bersama menyikapi persoalan sanitasi. Hal ini disampaikan sekda kala menghadiri rapat koordinasi tuntas sanitasi 2021 yang dilaksanakan Rabu (10/4/2019), di aula Baperlitbang Pohuwato.

Persoalan sanitasi menurut sekda, merupakan persoalan yang sangat penting terutama bagi masyarakat miskin. “Sanitasi berupa jamban sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dalam mencapai tingkat kesehatan. Karena bisa saja akibat tidak adanya jambanisasi, berbagai penyakit timbul karena sembarang buang air besar,” kata Djoni.

Olehnya itu tambah sekda, persoalan ini harus diselesaikan bersama. "Karena masalah jamban adalah tanggungjawab bersama. Bentuk perhatian kita akan mengangkat derajat dari masyarakat itu sendiri terutama dari tingkat kesehatan mereka. Juga dengan membangun jamban maka beberapa masalah teratasi seperti demam berdarah serta masalah kesehatan lainnya yang mudah menjangkit masyarakat," terang sekda.

“Sanitasi sangat penting, maka Pemda bertanggungjawab untuk kebutuhan sanitasi ke masyarakat miskin. Sehingganya mulai dari tingkat dusun, desa, kecamatan dan kabupaten, sanitasi menjadi target utama, bila perlu kebutuhan sanitasi ini bisa tuntas di 2020 meski target sampai 2021. Karena hal ini menjadi program yang harus diselesaikan, maka kita semua aparatur harus menyelesaikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat khususnya yang belum mampu membuat jambanisasi,” pungkas Djoni.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas