Transmigran Sandalan Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

POHUWATO-Pelayanan kesehatan gratis diberikan oleh pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato kepada warga transmigrasi yang ada di UPT Sandalan Kecamatan Taluditi.

Tim pelayanan Dinas Kesehatan bersama Puskesmas Panca Karsa 1 berusaha mendatangi para warga transmigrasi meski harus melalui medan yang cukup sulit. Tim pun harus bermalam di lokasi transmigrasi, karena pelayanan diberikan selama 2 hari, Jumat dan Sabtu (13/4/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato melalui Kabid Pelayanan Kesehatan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) Mely Pakaya mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan ini adalah salah satu wujud pelayanan kesehatan yang diperuntukkan untuk mereka yang berada di desa dan dusun terpencil.

Pelayanan kesehatan yang diberikan pun terbilang lengkap, mulai dari pemeriksaan kesehatan umum kepada para masyarakat, pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan balita, memberikan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan balita juga dilakukan penyuluhan kesehatan.

“Mereka terlihat sangat antusias. Mereka juga sangat senang karena tetap mendapatkan perhatian terkait kesehatan walaupun berada di daerah terpencil,” tutur Mely sembari menambahkan, pelayanan kesehatan terpadu ini, ikut hadir Forum Kabupaten Sehat Pohuwato dan Karang Taruna Kabupaten Pohuwato.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas