Hadiri Rapat Tim KP3, Ini Penegasan Wabup Amin

POHUWATO-Rapat tim Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida (KP3), Rabu (24/4/2019) yang diikuti mantri tani, Kepala BPP, Tim KP3, produsen dan distributor pupuk serta kios pengecer resmi di Kabupaten Pohuwato turut dihadiri oleh Wakil Bupati Amin Haras sekaligus membuka rapat tersebut.

Wabup Amin yang didampingi Plt Kadis Pertanian Ikbar AT. Salam mengatakan, pupuk dan pestisida merupakan sarana produksi yang sangat menentukan dalam pencapaian sasaran produksi nasional. Oleh sebab itu pupuk dan pestisida harus tersedia sesuai dengan prinsip enam tepat yaitu tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu dan tepat mutu. Hal ini dimaksudkan agar para petani bisa menikmati pupuk tersebut.

“Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam rangka penyediaan pupuk dan pestisida. Khusus untuk penyediaan pupuk pemerintah memfasilitasi penyediaan pupuk bersubsidi dengan harga relatif murah sehingga terjangkau oleh petani,”terangnya.

Lanjut kata Wabup, Pemerintah berupaya bagaimana memperhatikan produktivitas pertanian yang diharapkan terus meningkat baik yang di lahan kering maupun di lahan basah yakni padi sawah.

Ketidaklancaran pendistribusian pupuk disetiap jalur distribusi dan permasalahan yang terjadi di lapangan sampai penyaluran dan penebusan pupuk melalui RDKK masih belum sesuai yang diharapkan.

“Maka diperlukan adanya koordinasi yang berkesinambungan antara KP3 dan PPNS untuk melakukan pengawasan, penyaluran,pengadaan, peredaran, penyimpangan serta penggunaan pupuk dan pestisida di wilayah masing-masing,"jelas Amin.

Plt Kadis Pertanian Ikbar AT. Salam menambahkan, bahwa sasaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pemahaman KP3 terhadap peran dan tugasnya dalam melakukan pengawasan pupuk dan pestisida di wilayah masing-masing dengan narasumber dari produsen, dinas pertanian, polres dan Kejari Pohuwato.(*)


Reporter/foto : Iwan Karim-Humas