Sekda: Jangan Sembarangan Menggunakan Obat

POHUWATO-Sekda Djoni Nento menghadiri Sosialisasi dan Evaluasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dan Optimalisasi Agent of Change (AoC), Kamis (4/7/2019).

Pada kesempatan itu, Sekda Djoni mengatakan bahwa gerakan ini sangat baik dan penting untuk dilaksanakan mengingat masih banyaknya penggunaan obat-obat yang tidak melalui resep dokter. “Seperti halnya masalah penggunaan penjualan obat yang boleh di kata bebas, karena ada warung dan toko yang memang menjual langsung. Padahal obat itu harus melalui resep dokter,” ungkap Djoni.

Untuk itu, Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas diharapkan terus mensosialisasikan penggunaan obat kepada seluruh masyarakat Pohuwato. “Jangan sampai masyarakat sembarangan dalam menggunakan obat dan kita tidak tahu apa obat itu sudah kadaluarsa, karena tidak ada yang mengontrol,” ujar Sekda.

Kadis Kesehatan melalui Sekretaris Irawaty Monoarfa sebelumnya menjelaskan, kegiatan ini tujuannya untuk melindungi masyarakat dengan memberdayakan masyarakat agar mampu menggunakan obat dengan bijak dengan Gema Cermat.

Hal ini tentu butuh dukungan dari seluruh lintas program, lintas sektor serta seluruh elemen masyarakat untuk keberlangsungan program ini demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat.(*)


Reporter : Iwan Karim-Humas