Antisipasi Dampak Bencana, Bupati Syarif Mbuinga Pimpin Apel Siaga Bencana

PORTAL POHUWATO - Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga memimpin langsung apel siaga bencana tingkat Kabupaten Pohuwato tahun 2020, Kamis (9/10/2020).


Apel yang bertempat di halaman Polres Pohuwato ini dihadiri oleh Wakapolres, Ketua DPRD, Kajari, Sekda, Pimpinan OPD, Serta para camat se- Kabupaten Pohuwato.


Dalam Sambutannya Bupati Syarif Mbuinga menyampaikan, pelaksanaan apel siaga bencana ini merupakan momentum sekaligus cambuk bagi kita semua untuk mengamati dan mengatasi sedini mungkin setiap potensi dan kejadian bencana di daerah, selain itu mengecek serta memastikan kesiapan personil dan peralatan penanggulangan bencana, mengingat kondisi geografis Kab. Pohuwato berpotensi bencana dengan kategori rendah, sedang dan tinggi, hal ini terbukti ditahun 2019 lalu telah terjadi tiga kali bencana banjir dengan kategori sedang dan tinggi, longsor, kebakaran rumah penduduk, lahan dan bencana lainnya.


Untuk itu melalui apel siaga ini Syarif Mbuinga berharap, dapat dihasilkan rumusan yang strategis terbaik untuk mengatasi dan  menangani serta meningkatkan keseiap siaagaan serta peran serta kepedulian seluruh stekholder dalam penanggulangan bencana.


"Saya berharap bagi seluruh pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana serta terjalinnya harmonisasi antara semua pihak baik pada tahapan sebelum, sementara, maupun pasca bencana pada seluruh tingkatan, baik  Desa, Kecamatan, maupun Kabupaten" tambahnya.


Melalui kesempatan ini pula Bupati Syarif juga Meminta kepada para pimpinan OPD, Camat, Pemerintah Desa, yang wilayahnya rawan bencana banjir, tanah longsor, angin puting beliung, agar meningkatkan kewaspadaan dengan terus meningkatkan pemantauan, monitoring, evaluasi, serta menyampaikan informasi dan pelaporan secara berjenjang.


Laporan/Foto : Asok Humas 


Populer