Bupati Syarif Mbuinga : Pohuwato Telah Siap Distribusikan Jaring Pengaman Sosial Tahap II

PORTAL POHUWATO - Menyikapi arahan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie soal pendistribusian bantuan jaring pengaman sosial (JPS) tahap II melalui rapat video confrence, pada Rabu kemarin, Bupati Syarif meyatakan bahwa tindak lanjut JPS tahap II di Pohuwato sudah sampai di proses packaging.


"Kabupaten Pohuwato telah siap mendistribusikan bantuan JPS tahap II, izin melaporkan bahwa JPS tahap II di Pohuwato alhamdulilah sudah dalam tahap packaging saat ini dan akan segera kami distribusikan pada tanggal 15 sampai 17 Mei, sebagaimana yang diinstruksikan pak Gubernur bahwa JPS tahap II harus selesai 1 minggu sblum lebaran. Untuk SPJ JPS kedua akan segera kami susun dan kami serahkan setelahnya, mengingat SPJ JPS Tahap pertama telah kami laporkan " ujar Bupati Syarif. Kamis (14/05/2020).


Dihadapan Gubernur, Bupati Syarif juga secara rinci menjabarkan tentang angka penerima bantuan di Pohuwato, baik yang dari PKH, BLT Kementerian Sosial, BLT Desa, juga dengan JPS tahap II yang nanti akan diserahkan.


"Kami ingin mempercepat proses pendistribusiannya sesuai data by name by adress PKH Rp.200.000/KPM + BPNT Rp.200.000/Bulan itu berjumlah 5.623 KPM yang diserahkan dalam satu tahun, BPNT Pusat Rp.200.000/Bulan berjumlah 4.174 dalam satu tahun, BLT Kemensos Rp.600.000/KPM tembus di angka 11.185 untuk 3 Bulan, BLT Desa Rp. 600.000/KPM berjumlah 6.861 untuk 3 bulan sehingga total keseluruhan yang tercover pada BLT, PKH, dan BNPT 27.483, sedangkan data penerima JPS Tahap II di Pohuwato ada sekitar 12.000" jelas Bupati Syarif.


Menurut Bupati Syarif, 12.000 penerima JPS tahap II akan di proporsionalkan antara 60% Provinsi dan 40% Kabupaten. Pemkab Pohuwato juga akan menambahkan bantuan tunai pada JPS tahap II tersebut.


"Dengan sedikit kelonggaran, mohon izin kami akan meberikan tambahan bantuan tunai dalam JPS tersebut dan itu sudah kami siapkan payung hukumnya untuk menghindari duplikasi dan masalah teknis lainnya" pungkasnya.


Laporan/Foto : Asok, Humas Pohuwato


Populer