Kabupaten Pohuwato Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp. 25.000 Per Jiwa

PORTAL POHUWATO - Pemerintah Kabupaten Pohuwato saat ini telah menetapkan besaran zakat fitrah bagi setiap umat muslim yang berada di Kabupaten Pohuwato sebesar Rp.25.000/jiwa.


Kesepakatan dan penetapan besaran zakat tersebut tertuang pada surat keputusan yang di tanda tangani oleh Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga bersama jajaran Forkopimda, yang sebelumnya telah melakukan rapat bersama pihak MUI, Badan Zakat Nasional, dan KEMENAG yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Djoni Nento, pada Jumat (17/4/2020) lalu.


“Kita telah menetapkan 25 ribu rupiah untuk zakat fitrah tahun ini, yang mekanismenya akan diatur dan diinformasikan selanjutnya ke seluruh pemerintah kecamatan dan desa, untuk kemudian disampaikan ke masyarakat,” ungkap Djoni Nento.


Sementara itu, Asisten Kesra, Hamka Nento menambahkan bahwa, besaran zakat fitrah ini disepakati oleh Pemerintah Kabupaten Pohuwato setelah melakukan penilaian dan perhitungan harga pasar, khususnya beras.


“Pada pelaksanaannya nanti, tetap harus mengikuti protap. Salah satunya ialah, tidak boleh berkerumun dalam melakukan pembayaran zakat fitrah,” jelas Hamka.


Laporan : Humas Pohuwato


Populer