Wabup Amin Terus Sosialisasikan Disiplin Protokoler Kesehatan Bagi Masyarakat

PORTAL POHUWATO - Disiplin dalam protokoler kesehatan terus disosialisasikan kepada masyarakat Pohuwato, terutama ketika mau ke masjid melaksanakan sholat untuk tetap menggunakan masker dan menaati jarak saf yang sudah ditentukan.


Dihadapan jemaah sholat Jumat di masjid Az-Zikra Desa Hutamoputi, Kecamatan Dengilo, pada Jumat, (19/06), Wakil Bupati Amin Haras mengingatkan agar seluruh jamaah masjid kiranya patuh menjalankan aturan yang telah disepakati bersama, seperti setiap jamaah saling menjaga jarak dan tetap menggunakan masker serta tidak bersalaman usai sholat. 


Wabup Amin menuturkan aturan tersebut dibuat karena saat ini kita masih darurat covid-19 yang kita tidak tahu sampai kapan berakhir. Seseorang yang sudah tertular bisa menjangkiti orang lain dengan cara kontak fisik serta dari pernafasan, sehingga itu dianjurkan untuk tidak berdekatan serta memakai masker sebagai pelindung dalam pernafasan.


"Virus ini ketika di udara bisa bertahan selama 8 jam, dan ketika kita tidak pakai masker maka rentan tertular. Juga terkadang ada orang tanpa gejala (OTG) tapi dia positif virus yang kadang kita tidak tahu, orang seperti ini perlu diwaspadai dengan cara kemana saja harus pakai masker dan menghindari kontak fisikā€,jelas Wabup.


Lebih lanjut, Wabup Amin Haras meminta kepada takmirul masjid dan imam untuk memperhatikan pembatas yang sudah ditetapkan demi untuk keselamatan semua karena hal itu yang paling utama.


"Pemerintah tentu selalu dan tidak henti-hentinya menghimbau dan mengingatkan masyarakat, Karena tanggung jawab dan keselamatan umat maupun masyarakat ada di pundak pemerintah.


Untuk itu semua himbauan baik di tempat ibadah, pasar serta dimana saja agar selalu menjaga diri masing-masing, menghindari kerumunan dan menjaga jarak dengan orang lain, apalagi orang tersebut kita tidak kenal, dan ketika kembali ke rumah membiasakan diri untuk cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir" pungkasnya.


Laporan : Tim IT Pemda Pohuwato

Foto    : Iwan Karim, Humas Pohuwato



Populer