Pemkab Pohuwato Libatkan UNG Guna Penanganan Covid-19

PORTAL POHUWATO - Pemerintah Kabupaten Pohuwato akan melibatkan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam penanangan covid-19. Hal itu diungkapkan Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, saat memimpin rapat evaluasi PSBB menuju New Normal Life, di gedung panua Kantor Bupati Pohuwato, Sabtu (20/06/2020).


Dalam rapat tersebut, Bupati Syarif Mbuinga mengatakan bahwa pelibatan UNG dan semua pihak terkait, dilakukan oleh pemerintah agar penanganan covid-19 di Pohuwato lebih terstruktur dan terarah.


“Kami juga menerima surat terbaru dari Provinsi kaitan dengan peran rumah sakit daerah untuk bisa menangani secara langsung pasien positif covid-19,” kata Syarif.


Menurut Syarif, meskipun Rumah Sakit Bumi Panua (RSBP) tidak jadi tempat rujukan, akan tetapi pihaknya akan menangani secara langsung. Bahkan melakukan perawatan terhadap pasien positif Covid-19.


Lebih lanjut, Syarif Mbuinga mengatakan, masyarakat Pohuwato secara langsung mempertimbangkan kondisi Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS). Jumlah pasien RSAS yang terlalu banyak dikhawatirkan penanganannya akan kurang maksimal.


Di sisi lain, kata Syarif, dalam tatanan kehidupan baru akan ada skema kebijakan khusus penangan pasien covid-19. Hal itu sebagaimana disampaikan Pemprov Gorontalo melalui rapat virtual.


“Dalam peraturan Gubernur tentang New Normal Life akan ada penegasan yang akan dilakukan, yakni karantina mandiri,” pungkas Syarif.


Laporan : Tim IT Pemda Pohuwato

Foto    : Stepon Habi, Humas Pohuwato



Populer