Bupati Syarif Minta GERBOS EMAS Optimalkan Pencegahan Stunting di Pohuwato

PORTAL POHUWATO - Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga memimpin agenda rembuk stunting Kabupaten Pohuwato tahun 2020, dalam rangka penyusunan program kegiatan aksi konvergensi sebagai komitmen dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting Kabupaten Pohuwato tahun 2021 melalui program GERBOS EMAS, Kamis (25/06/2020).


Dalam pertemuan tersebut, Bupati Syarif meminta agar masalah stunting di wilayahnya dijadikan grand strategi daerah. Menurut Syarif, saat ini peluang untuk menjadikan persoalan stunting dalam rencana jangka panjang daerah di Pohuwato sangat terbuka.


“Agar langkah penangan stunting, meski sudah berada di angka delapan persen, tetapi permasalahan tersebut tentu belum selesai dan harus sustainable (berkelanjutan) penanganannya tentu dengan program GERBOS EMAS,” kata Syarif.


Bupati juga menjelaskan bahwa Pohuwato akan mengalami puncak dari bonus Demografi pada 2030-2045. Sehingga, menurutnya, masih ada waktu 24 tahun untuk memikirkan langkah penanganan stunting.


“Hasil akhirnya adalah kita akan menyiapkan generasi emas. Kalau hari ini kita adalah generasi yang kurang memperhatikan kualitas sumber daya manusia, maka kita punya waktu 24 tahun untuk mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa pemenang,” ucapnya.


Bupati Pohuwato 2 periode itu juga menegaskan, kondisi gagal tumbuh, gagal pikiran, dan gagal kesehatan harus ditangani dengan sungguh-sungguh.


“Sisa tujuh bulan masa pemerintahan kami, saya berharap Baperlitbang, Provinsi dan Pemerintah Pusat dapat mengawal apa yang telah kita lakukan secara bersama-sama, dan saya minta ada political will, kesungguhan, keseriusan dan totalitas Gerbos Emas dalam pengoptimalan masalah Stunting,” pungkasnya.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Stepon Habi, Humas Pohuwato


Populer