Wabup Amin Haras Lantik Plt. Kepala Desa Botubilotahu

PORTAL POHUWATO - Pasca dilakukannya penonaktifan sementara Kades Botubilotahu oleh pihak Pemerintah Daerah Pohuwato, Wabup Amin Haras melantik Ramli Hipi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasie Ekbangling pada Kantor Camat Marisa, yang ditunjuk sebagai Penjabat Kepala Desa Botubilotahu, Kecamatan Marisa, Jumat, (07/008/2020).


Kegiatan yang bertempat di aula kantor Camat Marisa tersebeut turut dihadiri oleh Plt. Kadis PMD Hamka Nento, Camat Marisa Muzna Giasi, unsur Polres Pohuwato, unsur Kodim 1313 Pohuwato serta mantan Kades Botubilotahu, BPD Botubilotahu dan tokoh masyarakat. 


Pengambilan sumpah pejabat Kepala Desa itu sendiri diawali dengan pelantikan dan dilanjutkan dengan pemasangan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan SK Pelantikan. 


Wabup Amin Haras dalam penyampaiannya menjelaskan bahwa pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Bupati Pohuwato. Pelantikan Penjabat Kades Botubilotahu tentu semua sudah tahu khususnya BPD dan masyarakat Botubilotahu, dimana dilingkungan Desa Botubilotahu beberapa waktu yang lalu ada sedikit persoalan yang terjadi di dalam penyelenggaraan Pemerintahan. 


Dimana kata wabup, bahwa prosesnya berjalan bahkan sekelompok masyarakat sudah terjadi pro-kontra di masyarakat Desa Botubilotahu terhadap penyelengaraan Pemerintahan, dan hal ini sudah dalam penanganan oleh Pemerintah Daerah. Namun dinamika terus terjadi dilingkungan pemerintahan sehingga dikhawatirkan itu bisa menimbulkan gesekan-gesekan ditengah masyarakat Desa itu sendiri.


“Memang dalam kaitan dengan sistim penyelenggaraan pemerintahan itu kita (pemerintah) sudah punya rambu-rambu ataupun aturan main yang ada ketika terjadi suatu persoalan atau permasalahan baik itu yang terkait dengan kades itu sendiri”,jelas Wabup. 


Oleh karena itu jelas Wabup Amin Haras, dalam rangka mengantisipasi dan demi stabilitas dari pada Desa itu sendiri dan masyarakat Desa botubilotahu, maka pemda mengambil langkah untuk melakukan penonaktifan sementara, sambil mengikuti proses penyelesaian persoalan yang terjadi. Olehnya Pemda sementara ini menunjuk penjabat untuk mengisi kekosongan yang ada di Desa Botubilotahu.


“SekaIi lagi kita ada mekanisme yang harus diikuti dalam rangka untuk menangani persoalan yang terjadi di Desa Botubilotahu. Kepada Kades definitif mohon ini dapat dipahami dan dimaklumi dan juga kepada masyarakat yang pro dan kontra terhadap persoalan yang terjadi ditubuh Pemerintah Desa”pungkas Wabup Amin Haras.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato


Populer