Pejabat Sekda Menerima 1.250 Mahasiswa KKN UNG di Pohuwato

PORTAL POHUWATO - Pejabat Sekda, Iskandar Datau bersama jajaran OPD dilingkungan Pemda Pohuwato menerima sebanyak 1.250 mahasiswa/i Universitas Negeri Gorontalo yang akan melaksanakan KKN di 42 Desa yang ada di Kabupaten Pohuwato, Kamis (03/09/2020).


Bertempat di gedung panua, Kegiatan tersebut diawali dengan penandatanganan PKS antara Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh dengan Ketua LP2M UNG, Prof. Dr. Ishak Isa,M.Si. 


Penjabat Sekda, Iskandar Datau mengatakan bahwa KKN untuk saat ini agak berbeda dengan KKN sebelumnya karena kita berada pada pandemic covid-19, sehingga diharapkan keberadaan adik-adik mahasiwa di Desa bisa mensosialisasikan protokol kesehatan.


“Karena kami ada prodak Perbup untuk pendisiplinan protokol kesehatan, kemudian ada Perbup pendisiplinan dan penegakan hukum terkait apabila ada pelanggaran-pelanggaran”jelasnya.


Lebih lanjut, Iskandar Datau mengungkapkan jika ada dua isu utama yang menjadi agenda KKN yakni stunting dan covid-19, yang diharapkan mahasiswa KKN UNG bisa menjadi contoh, dan memberikan contoh yang baik buat diikuti oleh masyarakat.

 

"Kiranya adik-adik bisa mensosialisasikan tentang disiplin protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan agar selalu di pakai, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Hal inilah yang perlu diingatkan ketika berada di Desa yang menjadi lokasi untuk KKN. Karena covid 19 ini masih bersama kita, maka diharapkan jangan bosan-bosan mengingatkan ke masyarakat tentang bahaya virus corona ini" harap Iskandar.


Terakhir Penjabat Sekda Iskandar Datau menambahkan, sejumlah 42 desa atau hampir 50 persen yang menjadi lokasi pelaksanaan KKN dengan harapan ada nilai positifnya. Kiranya bisa melaksanakan tugas pengabdian masyarakat dengan sebaik-baiknya, selama 45 hari di pohuwato mudah-mudahan bisa betah.


“Bapak-bapak Camat kiranya bisa memberikan perhatian yang lebih, bisa memanfaatkan mereka untuk kegiatan-kegiatan penyelenggaraan pemerintahan terutama terkait dengan stunting dan penangangan covid 19, selamat melaksanakan tugas, meski hanya 45 hari, laksanakan dengan baik dan bisa bernilai positif” harap Iskandar.


Sebelumnya, Ketua LP2M UNG Prof. Dr. Ishak Isa menjelaskan bahwa untuk Pohuwato yang menjadi tujuan utama KKN yakni dari Kecamatan Buntulia sampai Kecamatan Popayato Barat.


"Sekitar 1.250 mahasiswa ini akan ditempatkan di 42 Desa yang ada di 7 Kecamatan dengan 82 dosen pembimbing lapangan selama 45 hari, yaitu dari 3 September sampai 18 Oktober 2020" ujar Prof. Ishak.


Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan data mahasiswa KKN UNG ke pemda pohuwato oleh Ketua LP2M yang diterima Penjabat Sekda Iskandar Datau.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato



Populer