Diperpusip Gelar Kegiatan Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

PORTAL POHUWATO - Saat ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pohuwato tengah melaksanakan kegiatan implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pelibatan masyarakat kepada komunitas baca.


Memasuki hari terakhir, kegiatan yang sasarannya adalah ibu-ibu rumah tangga ini berlangsung di Desa Buntulia Utara, Kecamatan Buntulia, Kamis (10/09/2020).

 

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan, Lusiana Bouty menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar saat ini adalah pembuatan sirup alami tanpa bahan pengawet, hidroponik sederhana menggunakan botol air mineral bekas dan pisang krispi keju. 


Lebi lanjut, Lusiana Bouty menerangkan jika kegiatan ini implementasi dari bimtek transfomasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI pada Juli kemarin, yang diperuntukkan bagi ibu-ibu rumah tangga dengan harapan peningkatan poduktifitas, punya kegiatan dirumah, tidak bosan dan dapat membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga.


"Ya contohnya kurang lebih seperti menanam rempah-rempah dengan cara hidroponik, membuat sirup buah alami dengan memanfaatkan hasil kebun sendiri atau membuat pisang krispi keju yang semuanya bisa menjadi tambahan penghasilan dirumah. 


Selanjutnya, dengan tersedianya rempah-rempah melalui tanaman hidroponik yang di buat sendiri dan berada dilingkungan rumah secara otomastis, Lusi meyakini bahwa hal itu akan meringankan beban ibu pada saat memasak.


“Ya, kegiatan ini menjadi program unggulan perpustakaan daerah dalam masa pandemic covid – 19, dengan harapan agar ibu-ibu dirumah punya kesibukan dan tidak bosan sambil bekerja untuk mendampingi anak-anaknya dan juga sebagai isteri memberikan pelayanan terbaik buat suaminya”pungkas Lusiana.


Lusianan Bouty juga menjelaskan jika wilayah yang sudah dilakukan bimbingan, yakni Desa Teratai, Kecamatan Marisa, Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa, Desa Buntulia Utara, Kecamatan Buntulia, Desa Manawa, Kecamatan Patilanggio, dan Desa Libuo, Kecamatan Paguat.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato


Populer