Wabup Amin Hadiri Paripurna DPRD Tentang KUA-PPAS APBD-P Tahun 2020

PORTAL POHUWATO - Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras menghadiri Rapat Paripurna ke-17 penandatanganan berita acara kesepakatan KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2020, Kamis, (10/09).


Dalam paripurna tersebut, Wabup Amin menjelaskan bahwa berdasarkan pasal 161 peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah disebutkan bahwa APBD perubahan setiap tahun anggaran dilaksanakan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD.


"Keadaan itu yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar organisasi, antar unit organisasi, antar program, antar kegiatan, dan antar jenis belanja, keadaan yang menyebabkan Silpa tahun anggaran sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan, keadaan darurat, keadaan luar biasa" jelas Wabup.


Masih menurut Wabup Amin, perubahan kebijakan ini lebih diakibatkan oleh berbagai regulasi terhadap keuangan daerah diantaranya adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 35 tahun 2020 tentang pengelolaan transfer ke Daerah dan dana Desa tahun anggaran 2020 dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 dan atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional. Juga peraturan menteri keuangan nomor 72 tahun 2020 tentang standar biaya masukkan tahun anggaran 2020.


“Kedua regulasi tersebut baik Pemenkeu Nomor 35 dan 72 tahun 2020, semuanya memuat tentang pemotongan DAU, DAK dan Dana Desa serta pengembalian DAK cadangan ke daerah”,pungkas Wabup Amin.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato


Populer