Penganugerahan Gelar Adat Pulanga Kepada Bupati Syarif Dilaksanakan

PORTAL POHUWATO - Meski sempat tertunda akibat merebaknya wabah pandemi covid-19 beberapa bulan yang lalu, akhirnya proses penobatan dan penganugerahan gelar adat "Pulanga Tauwa Lo Madala" kepada Bupati Pohuwato, H. Syarif Mbuinga, S.Pd.I.,SE.,MM dilaksanakan, Selasa (22/09/2020).


Dalam pelaksanaannya, prosesi yang dipimpin langsung oleh para dewan adat Provinsi Gorontalo bersama lembaga adat dari Kabupaten/Kota (Duluwo Limo Lo Pohalaa) tersebut berlangsung dengan penuh hikmat.


Bupati Syarif yang didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pohuwato Hj. Dewi Jeanette Kilapong mengikuti serangkaian prosesi adat yang dimulai dari rumah jabatan bupati hingga ke rumah adat.


Di rumah adat Dulohupa Pohuwato, prosesi dilanjutkan tahapan penyampaian ‘Tahuli’ atau penyampaian nasehat beserta pesan-pesan penuh hikmah, dan penyampaian Tuja"i atau lewat kalimat puisi penuh makna. 


Acara adat tersebut turut dihadiri oleh Walikota Gorontalo, Marthen Taha, Bupati Kabupaten Gorontalo Utara, Indra Yasin, Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, serta sejumlah pejabat tinggi daerah lainnya.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Stepon Habi, Humas Pohuwato


Populer