Pemda Pohuwato Gelar Persiapan Peringatan Maulid Nabi

PORTAL POHUWATO - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini akan dilaksanakan secara sederhana tanpa adanya zikir atau dikili.


Hal ini terungkap pada rapat persiapan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H yang berlangsung di gedung panua, yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras dan diikuti secara virtual oleh Camat dan pemangku adat, Selasa (13/10/2020).


Rapat tersebut menyimpulkan berbagai pandangan dan pendapat seiring dengan masih adanya pandemi covid-19 serta menghindari terjadinya klaster baru.


Wabup Amin Haras mengatakan dengan berbagai pandangan dan pendapat bahwa rangkaian pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan sampai masjid di Desa-Desa akan dilaksanakan serentak pada Rabu, 28 Oktober yang dimulai dengan kegiatan turunani pada pukul 14.00 Wita.


Kemudian pada malam hari setelah turunani dilanjutkan dengan acara nasional dan dilanjutkan secara tradisional diawali "Dua lo u lipu" dan tetap menghindari kerumunan atau tetap dibatasi kehadiran jemaah.


“Ya, pada dua lo u lipu tetap ada tuwoto atau tanda berupa adanya tolangga atau walima tapi hanya satu walima yang ukuran besar. Mulai dari Kabupaten, Kecamatan sampai Desa itu yang disediakan (satu tolangga). Kita tiadakan acara zikir atau dikili karena untuk menghindari kerumuman,  Insya Allah corona sudah tiada dan vaksin sudah tersedia maka tahun depan tetap dilaksanakan sebagaimana biasa. Namun untuk tahun ini akan dibatasi karena masih adanya pandemi covid-19”, ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Wabup Amin Haras mengungkapkan jika hasil pertemuan ini diminta disampaikan kepada Camat bagi yang mewakili Camat, dan teruskan informasi tersebut ke Desa-Desa, dan pertemuan ini nantinya akan segera ditindaklanjuti dengan surat edaran.


“Para Camat tolong ini ditindaklanjuti dan lakukan pertemuan dengan Kades serta koordinasikan dengan Pimpinan Kecamatan (Pika) karena ini menjadi tanggung jawab bersama Pika”, ucap Wabup Amin Haras.


Rapat itu juga dihadiri Kakan Kemenag, Yudin Moonti, Assisten Kesra, Hamka Nento, Plt Kabag Kesra, Yusuf Potale, Ketua PHBI, Yusuf Adam, Ketua Lembaga Adat Pohuwato, Ibrahim DJ. Noor, Batte Pohuwato, Bani Imran Kaluku, Ust. Fahri Djafar, serta sejumlah Pimpinan OPD.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato



Populer