Bupati Syarif Lantik Anggota BPD Desa Sipatana

PORTAL POHUWATO - Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga menghadiri sekaligus melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Desa Sipatana, Kecamatan Buntulia periode 2020-2026, Rabu (04/11).


Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan perasaannya atas fenomena yang akhir-akhir ini terjadi di berbagai desa. Mulai dari  "Persoalan moral, sampai dengan fraud. Menyangkut masalah pengelolaan keuangan desa, menjadi hal yang membuat saya gundah. Jadi harapannya kedepan ini menjadi satu bahan pelajaran penting, mengingat ini sudah keluar jauh dari norma, aturan, ketentuan, etika, dan adat" ungkapnya.


Lebih lanjut, Bupati Syarif menjelaskan jika Pemda Pohuwato punya ruang khusus dengan BPD dalam program peningkatan kapasitas para anggota BPD di Pohuwato.


"Saya yakin saat mendaftar atau dicalonkan, pasti ada literasi-literasi yang dipelajari apa itu BPD, tugas, fungsi, tanggung jawab BPD, dan seterusnya. Setelah terpilih, ada program yang sampai saat ini saya masih pertahankan, yakni peningkatan kapasitas atau bimtek terhadap BPD," ungkap Syarif.


Terakhir, Syarif menekankan kepada anggota BPD yang baru saja dilantik jika fungsi utama BPD di ranah Pemdes bukanlah sesuatu yang mudah dan sederhana. 


"Fungsi BPD itu besar, hanya dalam kedukukannya mitra sejajar, setara dengan kepala desa. Dimana BPD dan kepala desa bukan dua sub koordinat institusi pemerintah yang saling membawahi," pungkasnya.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Stepon Habi, Humas Pohuwato


Populer