Bupati Syarif Serahkan 728 Sertifikat Tanah Masyarakat Pohuwato

PORTAL POHUWATO - Bupati Syarif di dampingi Kepala Badan Pertanahan, Ir.Lindaryana Jahja, menyerahkan sejumlah sertifikat tanah secara simbolis untuk masyarakat di Kabupaten Pohuwato, Senin (09/11).


Dari informasi yang diperoleh, jumlah sertifikat tanah yang diserahkan dalam agenda yang berlangsung di Gedung Panua tersebut yakni sebanyak 728 sertifikat.


Secara live, penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Indonesia, Ir. Joko Widodo yang pada saat itu berada ibukota Jakarta.


Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan jika agenda penyerahan sertifikat ini merupakan bagian dari rangkaian agenda peringatan bulan bakti agraria dan tata ruang.


"Hari ini kita laksanakan penyerahan 1 juta sertifikat di 31 Provinsi dan 201 Kabupaten dan Kota. Ini merupakan peringatan bulan bakti agraria dan tata ruang" jelas Presiden.


"Alhamdulilah ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran BPN akhirnya agenda ini bisa terlaksana dengan baik, total selama kurun waktu 5 tahun ini ada 2,4 juta sertifikat yang telah saya bagikan dan serahkan" imbuhnya.


Lebih lanjut, Presiden mengungkapkan jika saat ini Pemerintah Indonesia sedang menargetkan jika di tahun 2025, seluruh tanah di Indonesia sudah bersertifikat.


"Saat ini sudah ada 18,9 juta bidang tertib, yang luasnya 5,3 juta hektare sudah bersertifikat. Di tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah harus bersertifikat, termasuk tanah untuk tempat ibadah," tegas Presiden.


"Selanjutnya, kita ketahui jika fungsi utama sertifikat ini ialah untuk menjamin kepastian hukum dalam menghindari konflik dan sengketa persoalan tanah. Jadi, tolong jaga dan simpan baik-baik sertifikat ini," pungkasnya.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Stepon Habi, Humas Pohuwato



Populer