Syarif Mbuinga Pimpin Apel Siaga Bencana

PORTAL POHUWATO - Bupati Syarif Mbuinga memimpin pelaksanaa apel kesiap-siagaan terpadu antisipasi bencana alam tahun 2020 tingkat Kabupaten Pohuwato, Selasa (10/11/2020).


Berlangsung dihalaman kantor bupati, kegiatan ini dihadiri jajaran steakholders terkait, seperti jajaran Pemda Pohuwato, Polres Pohuwato, Kodim 1313 Pohuwato, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Basarnas.


Dalam arahannya, Bupati Syarif mengatakan jika apel ini digelar sejalan dengan himbauan pemerintah melalui BMKG yang telah merilis prediksi dimana saat ini beberapa wilayah dalam anomali La-Nina hingga pada awal tahun 2021.


"Dampak dari iklim La-Nina ini menimbulkan cuaca ekstrim dengan intensitas hujan tinggi disertai angin kencang, yang tentu saja dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor," ujar Bupati.


"Sehingga perlu kewaspadaan, kesiap siagaan, dari kita yang punya tugas tanggap bencana. Agar dapat meminimalisir timbulnya korban dan bisa mempersiapkan penanganan lanjutan," imbuhnya.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Syarif menekankan beberapa point penting terkait dengan kesiapan dalam menanggulangi bencana.


"Lakukan deteksi dini perubahan cuaca, pemetaan wilayah rawan bencana, sosialisasi tanggap bencana dan tingkatkan kerjasama kita semua, itu hal yang saya minta menjadi perhatian kita semua yang hadir dalam apel kesiap siagaan bencana ini," pungkasnya.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Stepon Habi, Humas Pohuwato



Populer