Anggota DPR RI Elnino M. Husein Mohi Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Pohuwato

PORTAL POHUWATO - Anggota DPR-RI, Elnino M. Husein Mohi hadir di Kabupaten Pohuwato dalam rangka mensosialisasikan 4 pilar MPR-RI, dan Dialog Kebangsaan, bersama Pemerintahan Daerah Kabupaten Pohuwato.


Bertempat di Gedung Panua, agenda yang berlangsung pada Kamis (03/12), tersebut dihadiri oleh Penjabat Sekda, Iskandar Datau bersama jajaran pejabat dilingkungan Pemda Pohuwato serta seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Pohuwato.


Selain membahas kaitan dengan pentingnya memahami 4 Pilar MPR RI, yakni UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan juga NKRI, Elnino juga disuguhkan dengan berbagai macam keluhan atau aspirasi baik dari Kepala Desa maupun Pemda Pohuwato.


Dalam penyampaiannya, Penjabat Sekda, Iskandar Datau menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Elnino M. Husein Mohi ini.


“Saya mengapresiasi kegiatan ini, juga ada beberapa hal yang ingin kami sampaikan kepada pak Elnino bahwa Pohuwato baru-baru ini di gegerkan dengan peristiwa penangkapan terduga teroris, dan juga masalah pertambangan yang kini masih menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai di Daerah kami” ujar Iskandar.


Iskandar juga menyampaikan bahwa saat ini kewenangan berkaitan dengan masalah pertambangan juga, sudah bukan kewenangan Kabupaten tapi Provinsi dan Pusat.


"Semenjak tahun 2014 secara kewenangan perihal kehutanan dan pertambangan yang sudah menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Semoga apa yang kami laporkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk diseriusi ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.


Sementara itu, Elnino M. Husein Mohi menyampaikan bahwa, persoalan pertambangan ini memang hal yang sangat disayangkan karena kewenangan itu tetap di pusat karena ada hal yang sangat urgen disitu yang membuat kewenangan di tarik kepusat.


“Sebagai warga negara bahwa segala kekayaan air, bumi dan segala yang terkandung didalamnya dikuasi oleh negara dan di pergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, olehnya hal ini akan saya sampaikan ke pusat, kaitan dengan aspirasi dari pemerintah daerah yang di sampaikan langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah” ujar Elnino.


Laporan : Tim Portal Pohuwato

Foto       : Iwan Karim, Humas Pohuwato



Populer